1.Memantau memantau dan memberikan solusi kalau misal ada masalah yang dari mereka susah untuk dikerjakan
2. Karena madrasah lingkungan pondok pesantren ini bukan lingkungan madrasah yang formal atau bisa disebut non formal jadi kurikulum yang kita ambil itu sesuai dengan arahan para masayikh sedangkan kurikulum Arabiyah yang kita pelajari di Madrasah ini itu mengikuti pada kitab Jurumiyah dan dengan dibantu mempelajari kitab-kitab syarahnya seperti taswiq kawakib mukhtashor dan sebagainya
3.Seperti tadi kita buat kelompok sehingga para peserta didik itu saling membahas pelajaran kowaid lughoh Arabiyah saling bertanya menjawab seperti itu
4.Ya perlu mengevaluasi itu agar bisa tahu agar bisa mengetahui seberapa jauh pemahaman mereka dan bisa memperbaiki mungkin ada yang harus mungkin ada kesulitan dari tutor ya diperbaiki bersama jadi evaluasi bersama-sama Bagaimana baiknya mungkin ada kesulitan dan kendala seperti apa dari evaluasi itu kita bisa menemukan kendala-kendala itu
5.Kalau kalau semua Mungkin belum bisa tapi sekitar 95% Insya Allah sudah paham semua Mungkin sekitar dua atau tiga anak yang masih terlambat dalam hal
6.Jadi pendekatan pembelajaran quwaid Lughah Arabiyah yang ditetapkan dalam madrasah ini itu mendekatkan pendekatan Humanis di mana setiap peserta didik itu menjadi berani mengungkapkan pendapat mereka karena ditutori oleh teman sebaya mereka sehingga mereka memiliki sifat PD atau kepercayaan diri yang di mana tidak akan didapat di metode pembelajaran pendekatan pembelajaran lain Jadi mereka akan tanggap dan bisa lebih
7.Kesulitannya itu karena emang dari tahap pemula sama-sama pemula sebenarnya belum pernah belajar tentang ilmu ilmu Nahwu kesulitan dari pengajar sendiri itu kita harus menggambarkan dan mencontohkan dari luar contoh kayak kalimat Isim dan kalimat fi'il dan kalimat huruf itu kita mencontohkan dari luar
8. Ya karena metode tutor sebaya bisa membuat anak-anak Lebih memahami pembelajaran qawaid Arabiyah daripada pembelajaran di dalam kelas sehingga Soalnya kalau di dalam kelas itu mereka Canggung dalam mengemukakan pendapatnya mereka sedangkan dalam metode tutor sebaya karena tutor sendiri itu dari temannya itu mereka lebih bisa mengekspresikan pendapat mereka dan mereka yang belum paham itu bisa menjadi lebih paham dan tutor sendiri itu bisa memahamkan dan bisa lebih paham dari teman-teman mereka
9.Ya ya harapan kami sebagai mustahik Dalam metode ini itu agar pemahaman semakin merata mereka semakin merata dan ilmu yang diambil ilmu yang didapat dari mereka itu semakin menancap karena mereka itu akan muthola'ah karena dengan muthola'ah kita akan mendapatkan ilmu yang menancap
10. mempelajari ilmu nahwu itu penting Entah itu Jurumiyah imriti atau Alfiah itu penting karena dalam salah satu nadom imriti di mukadimahnya disebutkan
11.nahwu itu yang paling utama yang paling awal diketahui karena suatu kalam tanpa Nah aku tidak dapat diketahui sedangkan hukum-hukum itu diambil dari Alquran dan hadis yang mana kalamnya menggunakan bahasa Arab yang mana kita bisa mengetahui konteksnya itu dengan ilmu Nahwu sehingga ilmu Nahwu Jurumiyah imriti Alfiah itu penting
12.Proses pelaksanaannya itu diawali dengan tawasul lailahaillallah muhammadarrasulullah Ya Allah Ya Allah Ya Qodim...
Kemudian setelah doa salawasul dimulai pembelajaran diawali dengan membaca materi tiap-tiap kelompok materi kemudian setelah semua membaca materi maka tutor itu menjelaskan pelajaran yang kemarin dijelaskan dalam kelas setelah dijelaskan maka tutur memberikan sesi tanya jawab sesi tanya jawab setelah sesi tanya jawab ini durasinya sampai 1 jam kalau sudah selesai semua maka berdoa doanya ditutup dengan surat Al Ashr 3 kali dan dengan doa Subhanahu Wa Ta'ala ilmalana illa ma'alamtana innaka Antal alimul Hakim pelaksanaannya dimulai pukul 08.30 sampai 09.30 malam
13.Ya metode pembelajaran logo Arabiyah di Madrasah ini itu banyak Ada pandangan sorogan musyawarah dan ada juga tutor sebaya tutor sebaya ini itu kita gunakan tiap kelas memiliki kelompok-kelompok setiap kelompok terdiri dari empat atau lima anak dan di sana kita menunjuk seorang tutor yang dari teman anak itu sendiri dari kelas itu sendiri yang dia itu punya potensi lebih dari teman-temannya
14.Ya evaluasinya itu biasanya itu diambil ketika ketika waktu di kelas dari Thamrin ujian tulis atau dari kiro pelajaran kiro atau ketika sorogan atau dari ujian praktek juga Kadang tiap pelajaran di awal pembelajaran sebelum proses pembelajaran itu biasanya anak-anak ada kegiatan membaca kitabnya kemudian belajar muroti kemudian ditanya sedikit ini di Arabnya apa kalimatnya Apa itu bentuk evaluasi dari metode ini
15. Kesulitan dalam menentukan tutor itu karena memang dari awal itu mungkin banyak-banyak yang suka banyak yang mau banyak yang punya potensi menjadi tutor tapi karena ini untuk pembelajaran 1 tahun sehingga mereka terkadang merasa bosan mereka merasa itu aku terus saya terus yang belajar Kenapa bukan orang lain Kenapa Bukan ini bukan ini Jadi mereka itu kesulitannya di sana kesulitannya itu dari ditunjuk jadi mereka itu merasa kenapa selalu saya yang menjadi tutor seperti itu kadang juga kesulitan datang kesulitan dari mereka itu ada yang punya kemauan tapi kemampuan lemah ada juga yang kemampuan tapi kemauannya yang kurang ada juga mereka yang punya kelebihan punya pemahaman tapi belum bisa memahamkan ada juga bisa memahamkan tapi mereka dalam memahami pelajaran itu cukup lama
16.Kelebihannya itu meningkatkan motivasi belajar sehingga para murid itu termotivasi untuk belajar lebih meningkatkan kualitas dan proses pembelajaran terus mendorong siswa ke arah berpikir tingkat berpikir lebih berfikir daripada metode saat di kelas kemudian meningkatkan rasa tanggung jawab belajar sendiri sendiri jadi mereka lebih bertanggung jawab mereka lebih merasa bertanggung jawab Jadi mereka di luar jam pelajaran itu mereka juga belajar terus Meningkatkan hasil belajar yang hasil aslinya hasil belajar biasa saja dengan metode ini hasil belajar mereka itu lebih baik ini untuk kelebihannya Sedangkan untuk kekurangannya memerlukan waktu yang cukup lama karena harus memantau tiap-tiap murid memantau ini juga harus senantiasa dikontrol secara ketat agar bisa terwujud tujuan sendiri kemudian kemungkinan di metode ini itu akan didominasi murid yang suka berbicara murid yang pintar atau ingin menonjolkan diri jadi mereka ingin menonjol dari teman-teman yang lain kemudian memerlukan perhatian guru yang ekstra ketat harus selalu diperhatikan Ya seperti tadi harus selalu diperhatikan agar agar tercapainya tujuan dari metode itu tutor sebaya kadang juga karena tidak ketika tidak diperhatikan mereka akan ramai cerita sendiri tidak fokus dengan materi tidak seterusnya fokus dengan materi kalau misalnya contoh tutornya ini memperhatikan satu siswa-siswa yang lain ikut tidak menyimak justru mereka itu cerita sendiri atau ngobrol sendiri atau mungkin mereka itu melamun tidur dan seperti itu Jadi harus menggunakan perhatian yang luar biasa
Komentar
Posting Komentar